Belanja Lebih Mudah Pakai QRIS BRI di Pasar Sinpasa Kota Bandung

- 27 Maret 2024, 06:30 WIB
Pembeli memindai kode QRIS di salah satu lapak di Pasar Sinpasa, Gedebage, Kota Bandung, Sabtu, 23 Maret 2024.
Pembeli memindai kode QRIS di salah satu lapak di Pasar Sinpasa, Gedebage, Kota Bandung, Sabtu, 23 Maret 2024. /Pikiran Rakyat/Gita Pratiwi/

PR JABAR - Suasana Sabtu, 23 Maret 2024 siang di Pasar Sinpasa Kota Bandung tidak begitu ramai. Di luar, matahari bersinar terik. Namun, bangunan dengan atap yang menjulang dan sirkulasi udara yang lebar, berhasil membuat adem isi pasar modern tersebut.

Di pasar ini, terdapat sedikitnya 140 lapak baik jongko maupun  warung, yang menjajakan berbagai komoditas. Sayur, buah-buahan, makanan jadi, bungkus plastik, daging, ikan, dan lainnya. Namun, terdapat pula sesi khusus kuliner binaan Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung, dan aneka produk fesyen binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung.

Ada perbedaan mencolok antara pasar modern  Sinpasa yang ada di kawasan Perumahan Summarecon Gedebage ini, dengan kebanyakan pasar tradisional lain di Kota Bandung. Bangunan baru, lantai keramik bersih, dan produk yang dijual, kerap ditemui di pasar lain. Namun, di Sinpasa, mayoritas pedagang telah melengkapi jongko mereka dengan kode bayar Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).

Baca Juga: Cara Klaim Saldo Dana Gratis 2024 dari Pemerintah Rp700.000, Ikuti Program-program ini!

Seorang konsumen di Pasar Sinpasa Bandung, Line, 28, mengaku terbiasa pakai QRIS sejak fasilitas ini lahir pada 2019. Sehingga, pasar yang menyediakan metode pembayaran dengan QRIS tersebut, jadi favorit Line, yang merupakan warga Rancanumpang.

"Awalnya aku pakai e-money, atau BRIZZI gitu tinggal tap kartu kalau bayar. Begitu ada QRIS, aku pakai karena lebih mudah, tinggal scan dari handphone," ujar pengguna aplikasi BRIMo ini.

Menurut dia, QRIS memudahkan ketika tidak membawa uang tunai dalam jumlah banyak, tetapi ada yang ingin dibeli secara impulsif. "Kadang kan enggak bawa dompet. Kalau HP pasti kan setiap hari," tutur dia.

Pedagang di Pasar Sinpasa, Gedebage, Kota Bandung menggunakan QRIS BRI.
Pedagang di Pasar Sinpasa, Gedebage, Kota Bandung menggunakan QRIS BRI.

Ia berseloroh, hanya dua kendala yang ia hadapi dalam bertransaksi pakai QRIS. "Pertama gak ada sinyal internet, kedua gak ada saldo," katanya lantas terkekeh.

Kemudahan membayar pakai QRIS menjadi alasan Andri, pedagang sayur dan kelapa parut di Pasar Sinpasa, untuk memajang kode QR di jongko. "Gampang banget sih soalnya tinggal keluarin HP, scan, udah," tuturnya.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah