Membanggakan, Sandiaga Uno Dukung Kota Cimahi Sebagai City Of Animation Kelas Dunia

- 6 April 2024, 09:34 WIB
Menparekraf RI dukung Kota Cimahi sebagai City Of Animation kelas dunia
Menparekraf RI dukung Kota Cimahi sebagai City Of Animation kelas dunia /Disparbud Jabar/

PR JABAR - Membanggakan, perkembangan industri kreatif subsektor film animasi dan video yang dijalankan masyarakat Kota Cimahi mendapat pengakuan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Sandiaga Uno. Bahkan, Sandiaga uno menyebut Cimahi sebagai City of Animation kelas dunia.

Hal ini disampaikan pada Workshop Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif di Alam Wisata Cimahi, pada Kamis 4 April 2024 lalu.

Menurut Sandiaga, Cimahi telah berkembang pesat, tidakak hanya pada subsektor film animasi dan video, namun juga dari fesyen maupun kuliner.

“Kita bersyukur kota yang hanya tiga kecamatan ini menjadi kota kreatif, dan subsektor yang dipilih adalah animasi dan video, fesyen, serta kuliner. Siapa tahu karena Bandung sudah menjadi City of Design, Cimahi juga bisa menjadi City of Animation level dunia,” kata Sandiaga Uno.

Baca Juga: Menparekraf RI Resmikan Wisata Quran Di Kota Bandung, Mendorong Wisata Religi Lebih Berkembang

Baca Juga: Kemenparekraf RI Dorong Penguatan Wisata Ramah Muslim Di Jawa Barat

Seperti diketahui, Kota Cimahi telah melaksanakan uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) pada tahun 2018 dan menyepakati produksi film, animasi, serta video sebagai subsektor ekonomi kreatif unggulannya, sehingga hal itu menjadi lokomotif pengembangan ekonomi kreatif di Kota Cimahi.

Atas konsistensi dan komitmen yang kuat, pada 2021 lalu Kota Cimahi telah ditetapkan sebagai KaTa Kreatif Indonesia.

“Harapannya KaTa Kreatif ini akan semakin kuat dan kita punya program-program yang bisa dikolaborasikan seperti AKI (Apresiasi Kreasi Indonesia) maupun ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia). Melalui KaTa Kreatif ini diharapkan bisa menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru yang berkualitas dan berkelanjutan,” pungkas Menparekraf.***

 

Editor: Lina Lutan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah