1000 Produk UMKM di Jabar Dapat Sertifikat Halal, Pj Gubernur Sebut Begini

- 19 Mei 2024, 16:43 WIB
1000 Produk UMKM di Jabar Dapat Sertifikat Halal, Pj Gubernur Sebut Begini
1000 Produk UMKM di Jabar Dapat Sertifikat Halal, Pj Gubernur Sebut Begini /Antara/



PR JABAR - Jawa Barat (Jabar) merupakan provinsi dengan produk halal terbanyak di Indonesia. Demikian disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Bey Triadi Machmudin dalam keterangannya di Bandung, Sabtu 18 Mei 2024.

"Data menunjukkan, hingga akhir 2023, Jabar menjadi provinsi dengan jumlah produk bersertifikat halal terbanyak di Indonesia, sebanyak 694.684 produk," kata Bey.

Bey memperkirakan, jumlah tersebut kemungkinan besar bisa terus bertambah, mengingat
adanya 1.000 produk UMKM yang mendapat sertifikat halal. Sertifikat tersebut diberikan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) pada Kamis 16 Mei 2024.

Baca Juga: Persib Menang Telak 3-0 Lawan Bali United, Ciro Alves : Semua Pemain Bekerja Keras

Diberikan dalam acara Roadshow #KITAHALALIN Jabar 2024 yang juga diprakarsai Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jabar.

Menurutnya, produk halal, termasuk dari UMKM menjadi tuntutan bagi Jabat. Pasalnya selama ini Jabar merupakan provinsi dengan populasi muslim terbesar di Indonesia.

Sertifikat halal 1.000 UMKM ini berangkat dari self declare (klaim sendiri) UMKM, lalu kemudian didampingi Kementerian KUKM sejak April 2024 untuk didaftarkan mendapatkan sertifikat halal.

Baca Juga: Di Forum Internasional, Jabar Perkuat Jaringan Pembiayaan Perubahan Iklim

"1.000 produk UMKM yang dapat sertifikat halal self declare itu berasal dari Bandung Raya yakni Kota/Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat," paparnya.

Meski menyambut baik pemberian sertifikat halal bagi 1.000 produk UMKM Jabar, Bey mengingatkan sertifikat tersebut betul-betul mencerminkan kehalalan produknya, mengingat ini adalah self declare.

Halaman:

Editor: Andik Arsawijaya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah