Orangtua Wajib Tahu! Ini Gejala-gejala Awal Lupus pada Anak

- 16 Mei 2024, 12:17 WIB
Ilustrasi orang terseranh penyakit lupus
Ilustrasi orang terseranh penyakit lupus /

PR JABAR - Dokter spesialis anak dan konsultan, DR. Reni Ghrahani Dewi Majangsari, mengakui bahwa sulit untuk mengidentifikasi lupus pada anak. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mendapatkan edukasi mengenai lupus pada anak agar penyakit ini bisa ditangani dan terkontrol dengan baik.

Menurut DR. Reni, ada beberapa gejala awal lupus pada anak yang perlu diketahui, antara lain:

  1. Demam berulang

    Gejala awal yang sering muncul adalah demam berulang. Demam tersebut bisa bervariasi, mulai dari demam ringan hingga tinggi. Anak mungkin perlu dirawat di rumah sakit dengan kecurigaan berbagai penyakit, namun tidak merespons pengobatan dengan baik.

  2. Kelelahan

    Orang tua perlu memperhatikan jika anak mengalami kelelahan tanpa sebab yang jelas. Anak bisa terlihat lelah meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat.

  3. Nyeri pada otot atau send

    Anak dengan lupus sering merasakan nyeri berulang pada otot atau sendi, terutama di pagi hari. Hal ini juga dikenal dengan nyeri muskuloskeletal.

  4. Penurunan berat badan

    Penurunan berat badan yang signifikan tanpa sebab yang jelas juga bisa menjadi tanda lupus pada anak, walaupun anak tidak sedang sakit atau kehilangan nafsu makan.

Halaman:

Editor: Iswahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah