Transaksi Aman, Ahmad Pilih Setor dan Tarik Tunai di Agen BRILink Cicaheum

- 25 Maret 2024, 14:13 WIB
Ahmad (kiri), pedagang sayur, yang merasa aman bertransaksi di Terras BRILink, Cicaheum, Bandung.
Ahmad (kiri), pedagang sayur, yang merasa aman bertransaksi di Terras BRILink, Cicaheum, Bandung. /Pikiran Rakyat/Gita Pratiwi/

PR JABAR - Ngabuburit menjadi momen banyak orang untuk keluar rumah, berburu makanan menjelang buka puasa di Bulan Ramadhan. Bagi Ahmad Solehudin, ngabuburit kali ini merupakan waktu yang dia pakai untuk menuju agen BRILink terdekat.

Warga Gang Kramat Cicaheum ini, menyeberang untuk menghampiri Terras BRILink, di Jalan AH Nasution. Tanpa kata-kata, ia hanya bertukar pandangan dengan petugas di balik bilik kios yang bertuliskan ATM Mini BRI tersebut.

Sang petugas pun langsung memproses pengiriman uang, seraya Ahmad menyerahkan sejumlah uang. Seusainya, ia menerima kembalian dan struk dari petugas.

“Memang setiap sore saya ke sini. Kadang ke Meisy, kadang ke Amanda. Udah pada apal (saling kenal), udah tahu juga saya mau transaksi apa, jadi kadang gak ngomong, kasih uang,” kata Ahmad, saat diwawancara Pikiran Rakyat Jabar, Senin, 1 April 2024.

Adapun uang tersebut ditransfernya untuk tengkulak sayur dan daging di Pasar Cicadas. Ahmad, pria berusia 53 tahun ini, melakukan pembayaran setiap harinya ke tengkulak pada sore hari untuk barang yang ia ambil subuh di hari yang sama.

Baca Juga: Pemkab Purwakarta Jamin Ketersediaan Daging Sehat untuk Lebaran, Ribuan Hewan Ternak Divaksin

Pada situasi normal, ia biasanya membayar tunai setiap pengambilan. Namun, kata dia, modal usahanya tergerus situasi pasar yang tidak menentu dan kebutuhan pribadi yang menghimpit. “Udah enam bulan ini ngambil dulu, baru setor,” ucap pria yang juga memanfaatkan layanan BRILink untuk kirim uang bagi keluarganya di kampung, di Talaga, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Meisy, petugas di Terras BRILink Cicaheum, mengakui ia akrab dengan para nasabah. Karena akrab, mereka jadi merasa aman dan tak ragu lagi untuk transaksi. “Nasabah di sini banyaknya pedagang atau karyawan. Transaksi yang paling banyak ya setor dan tarik tunai,” ucap Meisy.

Mengikuti aktivitas para nasabah, Meisy biasa bertugas di Terras sampai pukul 20.00 WIB. “Banyak yang transaksi sore sih, Kadang tarik tunai tuh gak banyak, Rp20.000 misalnya. Kalau ambil di sini kan praktis,” tuturnya, yang mengaku melayani minimum 20 kali transaksi ini.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah