Dimsum Inmons, Juara 1 BRIincubator Batch-2 dan Tekadnya Kurangi Pengangguran

- 4 April 2024, 10:00 WIB
Ani Andriyani berpose di official store Dimsum Inmons, di Gang Sartika, Cicadas, Kota Bandung, Senin, 18 Maret 2024.
Ani Andriyani berpose di official store Dimsum Inmons, di Gang Sartika, Cicadas, Kota Bandung, Senin, 18 Maret 2024. /Pikiran Rakyat/Gita Pratiwi/

PR JABAR - “Empat, tiga, dua, satu, Dimsum Inmons!” kata pembawa acara menyerukan dari corong mikrofon. 

Ani Andriyani beranjak dari tempat duduknya ke muka ruangan. Ia lantas memegang papan bertuliskan ‘Juara 1 BRIincubator Batch-2’.

“Dimsum gratis,” seru sejumlah peserta lainnya disambut riuh tawa.

Sejurus kemudian, Anay, demikian ia disapa, berfoto dan meraih mikrofon yang diserahkan pembawa acara. “Tar dulu ya, aku pengen nangis,” ujar Anay dengan suara yang terdengar bergetar.

Adegan itu berlangsung Oktober 2023 lalu, usai 3 bulan ia menjadi peserta BRIncubator, sebuah program  pengembangan bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan kapasitas, kapabilitas secara digital dan fokus pada validasi ekspor.

Owner Dimsum Inmons, Ani Andriyani (kanan), saat menerima penghargaan Juara 1 BRIncubator di Rumah BUMN, Oktober lalu.
Owner Dimsum Inmons, Ani Andriyani (kanan), saat menerima penghargaan Juara 1 BRIncubator di Rumah BUMN, Oktober lalu.

Melalui Rumah BUMN Bandung, BRI RO Bandung mengadakan pelatihan dan pendampingan bagi para pelaku UMKM di setiap daerah.

“Dari dulu saya penasaran banget belajar di sini seperti apa. Karena coach-nya hebat-hebat, pengen tahu juga BUMN menaungi UMKM seperti apa. Saya cari-cari info dan dikasih tahu temen, mendaftar akhirnya sampai sini,” ucap Anay, seperti dilihat Pikiran Rakyat Jabar dari video yang terbit di akun Instagram @rumahbumn.bandung.

Ditemui di Official Store Dimsum Inmons, Gang Sartika, Cicadas, Kota Bandung, Senin, 18 Maret 2024, Anay mengaku masih merasakan antusiasme jadi peserta BRIncubator. “Menurut saya, ilmu gak bisa mati. Saya ingin belajar bagaimana cara meningkatkan engagement. Saya ingin menciptakan lapangan kerja yang banyak, karena saya lihat banyak pengangguran, makanya saya harus banyak belajar lagi,” ujar Anay.

Dia menuturkan, proses inkubasi dari pendaftaran, kurasi hingga mengikuti kelas, memakan waktu sekitar 3 bulan. Dalam pertemuan seminggu sekali yang berlangsung, ia belajar banyak dari membuat business plan, sampai pitching. 

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah