Intip Berapa sih Modal Membuka Kios BRILink di Bandung, Cukup Rp3 Juta?

- 20 April 2024, 06:00 WIB
Interior agen BRILink Raffasya di Desa Mekarmanik, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat layaknya BRI mini.
Interior agen BRILink Raffasya di Desa Mekarmanik, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat layaknya BRI mini. /Pikiran Rakyat/Gita Pratiwi/

PR JABAR - Cerita sukses agen laku pandai bank BRI atau dikenal dengan sebutan BRILink sudah banyak tersebar. Agen warungan ini telah memutar transaksi layaknya bank gedongan. 

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk baru-baru ini, secara resmi mengumumkan angka transaksi yang dicetak para agen BRILink, yang tersebar di warung-warung kecil di Indonesia, mencapai Rp1.427 triliun sepanjang 2023. 

Berminat gabung? Berapa sih modal jadi agen BRILink? Berikut Pikiran Rakyat Jabar rangkum dari sejumlah agen yang tersebar di berbagai lokasi di Bandung, Jawa Barat. Simak sampai akhir untuk tahu angka resminya dari BRI Regional Office Bandung.

Cukup Gak sih Rp3 Juta untuk Buka Kios BRILink?

Agen yang pertama dijumpai PR Jabar, yakni Rifqi Galih Permana, yang sudah punya delapan kios BRILink di Bandung. Kebanyakan kiosnya menyasar pinggiran Kota Bandung, dan sebagian kecilnya di kompleks-kompleks perumahan Kabupaten Bandung.

Ahmad (kiri), pedagang sayur, yang merasa aman bertransaksi di Terras BRILink, Cicaheum, Bandung.
Ahmad (kiri), pedagang sayur, yang merasa aman bertransaksi di Terras BRILink, Cicaheum, Bandung.

Rifqi tidak menampik, modal Rp3 juta bisa memenuhi syarat mendirikan satu kios BRILink. Pria yang mengelola dua kios BRILink kelas Jawara dan enam Pemula ini, pertama buat kios pada 2019 di kediamannya sendiri, di bilangan Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung.

“Bikin satu kios di rumah sendiri berapa pun bisa. Yang penting bisa transaksi. Kalau sudah siap modal uang Rp25 juta, tinggal sewa kios pasang meja, bayar-bayar operasional tambah spanduk, gak akan sampai Rp3 juta,” katanya saat diwawancara Maret 2024.

Sebagai contoh kios yang butuh modal di bawah Rp3 juta adalah yang ia sewa untuk BRILink di seberang unit BRI Cicaheum dengan ukuran 1,5 meter x 3 meter. Di ruangan yang ia sewa itu bahkan sudah tersedia ruang privasi kecil untuk istirahat dan keperluan pegawainya. Kios yang paling kecil, kata dia, masih ada lagi di Cigiringsing dengan luas 1,5 meter x 1 meter.

“Sedangkan yang paling luas saat ini jadi yang di Girimekar dengan ukuran 6 meter persegi, BRILink-nya bareng kios pulsa dan aksesoris HP,” kata pria yang membawahi 13 karyawan ini.

Rp50 Juta untuk Interior yang Meyakinkan

Agen berikutnya, Yudi Yhonas Parela, memang cuma punya dua kios. Namun, kelasnya tak main-main, ia agen BRILink Juragan, yang berarti jumlah transaksinya lebih dari 1.500 per hari.

Yudi Yhonas Parela, owner BRILink Toko Yudi, di kiosnya, Jalan Tikukur, Kota Bandung.
Yudi Yhonas Parela, owner BRILink Toko Yudi, di kiosnya, Jalan Tikukur, Kota Bandung.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah