1.004 Bangunan Rusak Pasca Gempa Malam Tahun Baru di Kabupaten Sumedang

- 2 Januari 2024, 19:52 WIB
Gempa Sumedang
Gempa Sumedang /Dok. Bmkg/

PR Jabar - Gempa kabupaten Sumedang menyebabkan sejumlah bangunan rumah dan fasilitas umum rusak.

Pemkab Sumedang mencatat ada 1.004 bangunan mengalami kerusakan akibat rentetan bencana gempa (sebelumnya data BPBD Jabar ada 409 bangunan).

Bangunan yang rusak itu tersebar di delapan kecamatan yakni Kecamatan Sumedang Selatan, Sumedang Utara, Cimalaka, Ganeas, Cisarua, Tanjungkerta, Tanjungmedar, dan Rancakalong.

"Jumlah rusak ringan ada 808 rumah. Kemudian yang rusak sedang ada 93 rumah dan yang rusak berat ada 103 rumah, itu berdasarkan kajian teman-teman di lapangan, perangkat kecamatan dan perangkat desa," kata Pj Bupati Sumedang, Herman Suryatman, di RSUD Sumedang, pada Selasa (2/1).

Baca Juga: Liburan Usai, Saatnya Detoksifikasi Tubuh dengan Cara Ini

Data bangunan yang telah dihimpun oleh Pemkab Sumedang, selanjutnya akan diverifikasi oleh BNPB. Bangunan yang mengalami rusak berat hingga ringan akan diberi bantuan.

"Jadi warga masyarakat tetap tenang dan percayakan pada kami dengan catatan kami akan verifikasi, agar akuntabel. Nah, bagi yang biasa-biasa saja atau tidak masuk kategori rusak ringan, nanti kami akan perhatikan juga," ucap dia.

Sementara itu, lanjut Herman, tercatat pula ada 11 warga Sumedang yang mengalami luka ringan akibat gempa.

"Saat ini 1 warga masih menjalani perawatan di rumah sakit, sedangkan 10 lainnya sudah pulang kembali ke rumahnya masing-masing. Dia pun memastikan kondisi bangunan RSUD Sumedang aman untuk ditinggali oleh pasien, " jelasnya.

Baca Juga: Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Libya TV Online Indosiar Hari ini via HP dan Laptop

Halaman:

Editor: Arief Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah