17.871 PPS se-Jabar Dikukuhkan Jelang Pilkada Serentak 2024

- 26 Mei 2024, 10:15 WIB
Sebanyak 17.871 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik secara serentak oleh KPU Kab/kota, Minggu, 26 Mei 2024./ist
Sebanyak 17.871 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik secara serentak oleh KPU Kab/kota, Minggu, 26 Mei 2024./ist /



PR JABAR - Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, sebanyak 17.871 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik secara serentak oleh KPU Kab/kota, Minggu, 26 Mei 2024.

Sebelumnya, dilantik sudah sebanyak 3.135 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Jawa Barat.

Ketua Divisi SDM dan Litbang KPU Jabar Abdullah Sapi'i mengatakan, mereka yang dilantik sebagai PPS tersebut tersebar di 5.957 desa/kelurahan dari 27 kab/kota seluruh Jawa Barat.

Baca Juga: Head to Head PERSIB vs Madura United, Sapeh Kerrab Bakal Bikin Bobotoh Menangis di SJH?

Baca Juga: Jadwal Final PERSIB vs Madura United Hari Ini, Stadion SJH Siap Jadi Saksi Sejarah Maung Bandung

Momen ini menandakan bahwa mereka telah sah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Masyarakat dapat melihat langsung bahwa PPS telah resmi dilantik dan siap menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab," kata Sapi'i dalam siaran persnya, Minggu, 26 Mei 2024.

Baca Juga: Kualitas Udara Jakarta Terburuk di Dunia! Catatan Per Pagi Hari Ini

Baca Juga: Istri Wafat Saat Tiba di Jeddah, Endang Warga Ciamis Berterima kasih Petugas Haji Urus Pemakaman Jenazah

Dijelaskan Sapi'i, penyiapan SDM yang profesional dan berintegritas pada penyelenggaraaan pilkada serentak 2024 sangatlah penting untuk mendukung suksesnya gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Jawa Barat.

Tahap selanjutnya, KPU akan menyiapkan SDM badan adhoc dengan merekrut Panitia Pemutakhiran Daftar Pemikih (Pantarlih) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Petugas Pantarlih akan direkrut mulai 5 Juni 2024 sebanyak TPS yang berada di seluruh wilayah Jawa Barat.

Baca Juga: Usai Dinikahi Rizky Febian, Tengok Penampilan Mahalini di Atas Panggung Java Jazz Festival

Baca Juga: Masih Bingung Liburan Weekend Bareng Keluarga? Sepanjang Juni Taman Safari Gelar Ini

"Salah satu tugas Pantarlih guna memastikan apakah pemilih sudah terdaftar, pindah tempat tinggal, meninggal dunia, atau tidak memenuhi syarat lainnya. Sehingga data pemilihnya menjadi akurat," ujarnya.

Tak hanya itu, mencatat pemilih yang namanya belum tercantum dalam DPT juga harus dilakukan oleh mereka yang menjadi Pantarlih ini. Siapapun yang memenuhi syarat bisa menjadi Pantarlih.***

Editor: Lucky ML


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah